Selasa, 06 Juli 2010

Information System

Tentang Jurusan
Kebutuhan teknologi informasi bagi dunia usaha telah mengalami pergeseran ke arah lingkungan teknologi informasi yang lebih bersifat outward looking dan mengarah ke kompetisi dan free market. Hubungan teknologi dan dunia usaha sangat erat kaitannya mengingat teknologi informasi dan sistem informasi berfungsi mendukung struktur organisasi setiap perusahaan, yang pada gilirannya akan memperlancar keseluruhan proses internal di level perusahaan dan akan memperkuat daya saing perusahaan.

Sistem informasi melibatkan orang, data, proses, komunikasi, dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mendukung dan meningkatkan operasi bisnis, serta sekaligus memberikan dukungan terhadap pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang dibutuhkan oleh manajemen.

Di Jurusan Sistem Informasi, Anda akan belajar untuk menjadi seorang sarjana komputer yang menguasai prinsip, teknik, dan peralatan pengembangan sistem informasi, serta mampu mengelola departemen sistem informasi perusahaan, serta mampu melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dalam bidang teknologi atau manajemen sistem informasi. Fokus studi sistem informasi adalah pengembangan sistem informasi, metode-metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database) serta manajemen sistem informasi.

TUJUAN
Tujuan Umum
Di Jurusan Sistem Informasi, Anda akan belajar untuk menjadi seorang sarjana komputer yang menguasai prinsip, teknik, dan peralatan pengembangan sistem informasi, serta mampu mengelola departemen sistem informasi perusahaan, serta mampu melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dalam bidang teknologi atau manajemen sistem informasi. Fokus studi sistem informasi adalah pengembangan sistem informasi, metode-metode dan peralatannya (bahasa pemrograman dan database) serta manajemen sistem informasi.

Tujuan Khusus
Dewasa ini perkembangan penerapan sistem informasi dalam bidang manajemen semakin pesat. Hal ini sejalan perkembangan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak yang terus terjadi, sehingga kebutuhan tenaga-tenaga profesional yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan bidang tersebut semakin mendesak.

Untuk membantu dunia usaha dan manajemen dalam mendapatkan kebutuhannya tersebut maka kurikulum Jurusan Sistem Informasi diarahkan untuk dapat:

Memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja di dalam dan di luar negeri, khususnya pada penerapan sistem informasi dalam berbagai kebutuhan manajemen di berbagai bidang usaha.
Menyediakan pendidikan yang berorientasi ke arah masa depan untuk membekali lulusannya dalam berkarir di bidang-bidang yang berkaitan.
Mempersiapkan tenaga profesional di bidang sistem informasi yang mampu menerapkan kebutuhan manajemen di segala bidang ke dalam aplikasi sistem serta mampu mengintegrasikan teknologi baru di bidang sistem informasi dan mengembangkan diri sehingga bisa menjadi pemimpin di bidang sistem informasi di masa yang akan datang.
Membekali mahasiswa dengan keahlian problem solving dan dilandasi dengan pengetahuan teknologi informasi dan bisnis.
KURIKULUMreturn to top
Kurikulum Jurusan Sistem Informasi dirancang mengacu pada kurikulum yang direkomendasikan oleh ACM (Association for Computing Machinery) dan AIS (Association of Information System), kurikulum dari universitas di mancanegara yang memiliki kekuatan pada bidang sistem informasi serta masukan dari praktisi. Berikut adalahacuan yang kami gunakan:

ISCC´99 (Information System Centric Curriculum´99 for educating the next
generation of Information System Specialist, in collaboration with industry).
IS 2002 (Model curriculum and guidelines for undergraduate degree program in Information System) ACM and AIS.
MSIS 2000 (Model Curriculum andguidelines for undergraduate degree program in Information System) ACM and AIS.
Program Inti
Bidang-bidang ilmu dalam kurikulum dikategorikan sebagai:

Bidang ilmu Character & Personality Development
Bidang ilmu Information Systems Concept
Bidang ilmu Information Technology Concept
Bidang ilmu Business Concept
Bidang ilmu Information Systems Development & Implementation
Program Pilihan
Di Jurusan Sistem informasi, Anda akan mampu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mutakhir di bidang Sistem Informasi. Mengingat lingkup dan cakupan yang luas pada disiplin ini maka mahasiswa perlu diarahkan ke dalam bidang peminatan sesuai arah spesialisasinya

Peminatan
Peminatan yang ditawarkan dalam jurusan sistemi informasi:

Strategic Information System
Kompetensi mahasiswa yang dihasilkan melalui peminatan ini adalah:
Mampu menyusun Perencanaan Strategi Sistem dan Teknologi Informasi sebuah organisasi.
Mampu menganalisis, merancang, mengimplementasi, dan mengelola Sistem dan Teknologi Informasi yang bersifat strategis.
Mampu memberdayakan Sistem dan Teknologi Informasi dalam konteks keunggulan kompetitif.
Mampu menganalisis kebutuhan sistem informasi pada sebuah organisasi alam bentuk perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi dan mengimplementasikan agar visi dan misi organisasi dapat tercapai.
Business Intelligence
Kompetensi mahasiswa yang didapatkan melalui peminatan ini
adalah:
Mampu menyusun informasi tentang pelanggan dan vendor sehingga mampu menjadi "Business Analytics Expertise".
Mampu mengelola dan mengintegrasikan data sehingga menghasilkan data yang berkualitas untuk menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
E-Business
Kompetensi mahasiswa yang didapatkan melalui peminatan ini adalah:
Mampu memahami konsep dasar, model bisnis, infrastruktur dasar, sistem pembayaran, aspek-aspek sosial, etika dan bisnis dari suatu sistem E-Business.
Mampu menterjemahkan perencanaan bisnis (business plan) dengan memanfaatkan sistem dan teknologi informasi berbasis web.
Mampu menganalisis dan memberdayakan sistem dan teknologi informasi berbasis web yang tepat dalam proses bisnis untuk meningkatkan daya saing organisasi.
Mampu merancang, mengimplementasikan dan mengelola E-Business.
Applied ERP (Enterprise Resource Planning)
Kompetensi mahasiswa yang diperoleh melalui peminatan ini adalah:
Memahami dan mampu mengaplikasikan enterprise system technology menggunakan specific modul dari SAP R / 3.
Mempersiapkan mahasiswa untuk memperoleh sertifikasi dari SAP.
Applied Database
Peminatan yang khusus mendalami pemanfaatan teknologi basis data Oracle, dan untuk mempersiapkan peserta didik dalam upaya mendapatkan sertifikasi internasional OCA (Oracle Certified Administrator) dan OCP (Oracle Certified Professional). Melalui peminatan ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi database administrator dan database application developer terutama untuk teknologi ORACLE.
KARIR MASA DEPANreturn to top
Lulusan Jurusan Sistem Informasi dapat mulai meniti karir pada berbagai profesi, seperti: information system specialist pada bidang kerja sistem informasi korporasi, business intelligence, dan e-business. Profesi lain yang juga memungkinkan adalah: programmer analyst, system support, system design, database administrator, IT / IS consultant, web-developer, web-designer, entrepreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar